3 Alasan Trend Pasar Instagram Indonesia Dengan Influencer

Posted on 2 views

3 Alasan Trend Pasar Instagram Indonesia Dengan Influencer

trend influencer instagram di indonesia

banguni.com – Indonesia dengan jumlah penduduk sekitar 260 juta jiwa menempati posisi peringkat ke-4 di dunia dalam faktor kepadatan penduduk, sehingga tanpa diragukan lagi Negara Indonesia merupakan salah satu pasar terpenting bagi pemasar digital di Asia Tenggara.

Saat ini terdapat sekitar 100 juta pengguna media sosial di Indonesia. Yang menarik adalah media sosial tidak hanya digunakan semata-mata untuk komunikasi sosial. Facebook, Instragram, YouTube, Twitter, Line, Whatsapp, SnapChat dan Path benar-benar digunakan sebagai bagian dari strategi e-commerce yang canggih untuk usaha kecil (Usaha Kecil Menengah-UKM).

Apa Itu Influencer di Sosial Media ?

Influencer di media sosial seperti platform sosial media utama: Facebook, Twitter, Instagram, dan SnapChat. Mereka merupakan bintang dari kehidupan modern dan mereka memiliki pengetahuan lebih tentang bagaimana cara yang tepat untuk berkolaborasi dengan Brand atau mereka yang memiliki produk sebagai wujud kampanye kreatif mereka sendiri.

Secara sederhananya seorang influencer marketing pada dasarnya mereka melakukan suatu bentuk pemasaran yang menggunakan diri mereka sebagai pemimpin opini dengan pengaruh mereka untuk menjangkau pasar yang lebih besar melalui saluran media sosial mereka.

Di Indonesia, Instagram dan YouTube terbukti akan menjadi masa depan dari jaringan media sosial dan Influencer Marketing. Hal ini berdasarkan sumber Google trend, bahwa trend social media Twitter telah diambil alih oleh Instagram, sehingga pada saat ini Instagram merupakan jaringan media sosial kedua terpopuler di Indonesia.

Diperkirakan bahwa masa depan Instagram merupakan salah satu potensi besar dan akan segera menjadi platform influencer marketing yang paling dicari dengan jumlah kualitas jangkauan yang tinggi.

Mengapa Influencer Marketing?

Bagi pemilik produk atau Brand yang menuju ke arah pemasaran menggunakan jasa para influencer perlu memperhatikan tren di industri bertujuan agar dapat merencanakan strategi kampanye mereka secara menyeluruh.

3 trend pemasaran yang dilakukan oleh influencer khususnya di bidang social media instagram diantaranya :

Tren #1: Penekanan terhadap Pemasaran Konten

Pada awalnya dengan adanya Jasa influencer bisa dilihat beberapa dampak positif dan yang kurang positif yang disebabkan oleh pemasaran yang dilakukan oleh influencer terhadap sebuah brand. Beberapa kesalahan yang menonjol termasuk penggunaan influencer yang berlebihan, walaupun telah melakukan seleksi influencer yang tidak relevan terhadap brand anda dan sebagainya. Namun, salah satu kesalahan terbesar yang perlu dihindari adalah memposting konten yang tidak relevan dengan pembacanya.

Dengan alasan diatas maka mulai dilakukan penekanan terhadap kualitas konten akan lebih mudah terlihat. Dengan cara konten yang telah dibuat kemudian diposting oleh influencer-influencer Indonesia tidak hanya harus menarik dan interaktif, namun juga harus memberikan ide segar baru, alami, sesuai dengan produk atau brand yang di muatnya.

Selain untuk dibagikan di dalam konten tersebut harus terdapat ajakan untuk bertindak, bertujuan untuk dapat menjangkau sasaran jaringan anda yang luas dan mencapai hasil yang positif. Pada akhirnya tujuan konsekuensinya tercapai, yaitu brand yang berinvestasi untuk menciptakan kualitas konten akan lebih unggul daripada brand lainnya

Tren #2: Pemasaran Inflencer yang Berpusat untuk Konsumen

Sebagian besar brand dan pemasar berfokus untuk memanfaatkan sensasi pemasaran menggunakan jasa influencer tanpa mempertimbangkan alasan dari upaya-upaya pemasaran tersebut. Jadi sangatlah penting untuk sebuah brand lebih berpusat untuk konsumennya serta berfokus untuk audien ketika melaksanakan tiap kampanye.

Pemasaran yang dilakukan oleh influencer perlu menyediakan apa yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen serta menjelaskan bahwa dengan membeli produk atau servis anda akan menambahkan nilai bagi kehidupan mereka. Keadaan dilapangan dengan sebagian besar pemasar melaksanakan kampanye pemasaran mereka dengan tidak terlalu mempertimbangkan audien mereka, anda dapat membawa brand anda lebih unggul dengan menjadi pelopor yang beresonansi dengan audien anda

Tren #3: Masyarakat Indonesia meminimalisir Risiko

Demi meminimalisir risiko, hal yang dilakukan konsumen di Indonesia salah satunya dengan mengandalkan influencer dan perkataan dari mulut ke mulut (testimoni) sebelum menentukan pembelian mereka. Sehingga menjadi sebuah kesempatan untuk memanfaatkan influencer yang ada untuk menghasilkan lebih banyak penjualan melalui platform online.

Untuk dapat memanfaatkan pemasaran melalui influencer bisa memberikan kepastian bagi konsumen yang akan membawa dampak positif terhadap pendapatan brand anda. Oleh Karena itu, pemasaran dengan influencer akan menjadi sebuah media pemasaran yang bagus untuk mencapai pasar Indonesia, terutama muda-mudi Indonesia yang selalu mencari ulasan online. Karakteristik masyarakat inilah yang membuat pemasaran influencer sangat efektif di Indonesia.

Baca Juga : 7 Tips Cara Menaikan (Meningkatkan) Followes Tertaget di Instagram

Kesimpulannya jika anda pemilik sebuah produk terlebih memliki sebuah brand dengan target pasar anak muda mudi mulai melirik menggunakan jasa para influencer untuk mendongkrak pemasaran terhadap produk anda dengan memilih influencer yang satu niche dengan produk anda..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *