5 Tips Cara Mudah Untuk Meningkatkan Ribuan Database Penjualan Bisnis

Posted on 2 views

5 Tips Cara Mudah Untuk Meningkatkan   Ribuan Database Penjualan Bisnis

Banguni.com Database pelanggan (customer database) adalah salah satu asset terbesar dalam dunia bisnis. Database Itu sendiri didapatkan berupa jejak para konsumen yang pernah melakukan pembelian di masa lalu dan diharapkan menjadi sumber untuk pendapatan di masa depan dengan melakukan repeat order pada produk yang ditawarkan kepada para pelanggan.

Database Konsumen yang  dimanfaatkan secara maksimal akan dapat memberikan peluang besar untuk meningkatkan loyalitas pelanggan serta meningkatkan efektivitas dalam komunikasi terhadap proses penjualan produk. Namun disayangkan, tidak sedikit perusahaan Indonesia yang gagal dalam membangun Database konsumen.

Jika Anda Sebagai pemilik bisnis, bagaimana langkah efektif dalam membangun dan meningkatkan database pelanggan? Berikut ini Anda bisa memperhatikan lima Tips cara anda mampu membangun dan sekaligus meningkatkan ribuan database pelanggan pada bisnis penjualan bisnis anda.

 

  1. Bangun dan Perbaiki MINDSET

Formula pertama yang perlu Anda miliki adalah Mindset yang tepat dalam membangun database. Membangun mindsetnya bukan hanya menjadi reseller atau penjual yang fokusnya hanya jual beli. Tapi Anda harus membangun serta memperbaiki mindset sebagai seorang pebisnis yang mau bisnisnya bertumbuh, dan pertumbuhan bisnis itu ditandai oleh menambahnya jumlah pelanggan. Sehingga anda bisa mengkontrol database pelanggan untuk dapat menikmati produk bisnis anda lainnya.

Sehingga Mindset yang perlu anda bangun dan perbaiki adalah tidak hanya terhadap menaikaan penjualan saja. Karena anda pasti memiliki keinginkan untuk membangun bisnis menjadi besar dengan hanya datangnya pembeli satu per satu bahkan menjadi ratusan dan melakukann pembelian kembali terhadap produk anda. Jadi harus memiliki mindset pebisnis, bahwa bisnis tak hanya jualan tapi juga menambah pelanggan

  1. Tentukan MEDIA Pemasaran

Formula berikutnya adalah MEDIA, Anda pun harus pandai-pandai memilih media untuk berkomunikasi yang akan Anda gunakan untuk mengumpulkan database. Bukan hanya itu, Anda juga harus memahami pola-pola apa saja yang harus dilakukan. Karena setiap jenis mendia memiliki pola tersendiri terhadap para penggunannya tujuannya adalah agar media tersebut maksimal memperoleh banyak prospek atau data calon pembeli produk anda.

Contohnya saja, jika Anda menggunakan Facebook sebagai media informasi dan komunikasi, untuk menambah banyak pertemanan tidak cukup hanya dengan menambahkan teman alias add friend rutin. Namun, Anda juga perlu membangun personal branding, menggunakan lead magnet khusus, dan membuat postingan-postingan yang menarik target market Anda.

Karena anda tidak bisa asal jualan ini dan itu, posting ini dan itu, karena hasilnya sudah pasti tidak akan maksimal. Oleh karena itu  anda perlu ketahui media yang tepat, cara yang dahsyat, maka jumlah omset Anda akan meningkat berlipat-lipat,

  1. Perkuat Lead Magnet

Formula ketiga adalah magnet, lengkapnya mungkin biasa Anda dengar dengan kata lead magnet. Sesuai namanya gunanya adalah untuk menarik banyak orang agar mau masuk ke facebook Anda, whatsapp Anda atau media apapun yang Anda gunakan dengan tujuan untuk mengumpulkan calon database konsumenn bisnis anda.

Jika dianalogikan maka fungsinya hampir mirip seperti gula yang disebar guna untuk menarik para semut-semut datang, nah semut-semut yang dating mendekati gula inilah yang menjadi database anda.

Sehingga anda perlu membuat magnet yang tepat. Dimana Magnet yang tepat akan menarik lebih banyak database tertarget, semakin banyak database tentunya omset semakin meroket. Lalu bagaimana Magnet yang bisa menarik banyak pembeli?

Jawabannya tergantung produknya dan jenis target market apa yang Anda ingin tarik?

Jika anda ingin memperoleh ikan gabus mungkin dengan menggunakan umpan cacing saja cukup, tapi kalau misalnya anda ingin menangkap ikan kakap maka umpan yang perlu siapkan tidak sama dengan umpan untuk memperoleh ikan gabus.

Karena sifat magnet disini adalah harus dapat menarik target market yang tepat, dan ia harus memiliki nilai juga, jangan hanya membuat magnet yang tidak mempunyai nilainya. Jadi, selain menarik harus berkualitas juga, karena magnet adalah semacam duta besar dari produk Anda kepada para calon pelanggan.

  1. Lakukan manjemen Kontrol

Pada tahapan setelah memiliki databasenya lalu apa yang perlu dilakukan? Jawabannya adalah waktunya Anda untuk melakukan manajemen kontrol atau mengaturnya, karena database pelanggan  yang tidak dijaga pasti akan berguguran seiring waktu. Pengalaman yang banyak terjadi dilapangan terhadap database, apabila lama tidak dikelola maka hasil closingnya pun tidak akan maksimal.

Mungkin jika Anda paham tentang market temperature, database yang awalnya sudah hot market bisa kembali cold market  jika tanpa ada pengelolaan yang tepat. Caranya adalah dengan mensegmentasi kontak sesuai dengan market temperaturenya, bedakan antara kontak yang sudah pernah beli dengan yang belum kenal sama sekali . oleh karena itu cara manajemen kontrol database pelanggan anda bisa dengan cara membedakan mana yang COLD, mana yang WARM dan mana yang HOT, setiap market memiliki pengelolaan dan cara closingnya masing-masing, jadi ngga bisa sembarangan

  1. Mulai Mengoptimasi

Tips yang terakhir adalah anda mulai untuk mengoptimasi dengan cara memaksimalkan database pelanggan yang telah anda miliki, jangan pernah merasa puas jika hanya punya ratusan database, dapetin ribuan, jika sudah ribuan kejar 10.000 dan terus meningkat.

Karena tidak ada ruginya jika anda memiliki banyak database, karena semakin banyak database yang anda miliki maka semakin banyak juga closing yang akan anda terima

Lalu bagaiman Caranya bagaimana?

Caranya adalah dengan menggunakan Teknik Referral, cara ini terbukti ampuh, berdasarkan pengalaman dalam mempraktekkan cara ini, mampu meningkatkan jumlah database hingga 2-3 kali lipat, semudah sebar broadcast.

Caranya pun cukup sederhana, cukup minta kontak eksisting anda, alias yang sudah ada untuk ikutan menyebar lead magnet yang Anda berikan. Jika mereka menyebar ketiga orang maka, Anda akan mendapatkan tambahan lagi 3 kontak, nah 3 orang ini Anda minta sebar lagi lalu dapet dari masing-masing mereka 3 kontak (3×3=9) dengan demikian cara ini dapat meningkatkan database yang ada akan  terus meningkat sebagai contoh dari 100 kontak Anda, bisa jadi 300, dari yang 300 bisa jadi 900 dan seterusnya.

Database pelanngan merupakan asset berharga bagi pertumbuhan dan kelanjutan bisnis yang anda miliki. Oleh karena itu segera lakukan tindakan untuk membangun dan meningkatkan database pelanggan anda semoga bermanfaat.

One thought on “5 Tips Cara Mudah Untuk Meningkatkan Ribuan Database Penjualan Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *