Membicarakan salah satu media social yang satu ini, tidak akan ada habisnya sebab, aplikasi sosial media ini masih menjad favorit di lintas generasi baik orang tua atau kaum muda mudi. Hampir setiap pengguna smartphone mengunduh aplikasi Instagram ini selain untuk menunjukan eksistensinya di dunia maya namun sebagian orang memanfaatkan aplikasi Instagram ini sebagai alat bantu berjualan di dunia maya atau sering kita kenal sebagai online shop.

Pada artikel ini, beberapa tips yang perlu anda ketahui bagaimana memanfaatkan dan mengoptimalkan akun anda untuk berjualan di Instagra. Berikut ini tipsnya :

Pertama, Siapkan Akun Khusus Jualan.

Dalam aplikasi Instagram anda bisa membuat lebih dari satu akun oleh sebab itu, sebaiknya jika anda bertujuan menggunakan aplikasi Instagram bertujuan promosi jualan anda maka buat akun Instagram khusus untuk berjualan.

Tujuan membuat akun khusus Instagram berjualan untuk memisahkan info pribadi dengan info akun jualan anda karena target market anda akan tercampur dengan teman-teman anda. Dengan akun Instagram khusus jualan anda bisa mengaktifkan fitur akun bisnis Instagram anda sehingga lebih terlihat sebagai akun khusus untuk berjualan dan anda bisa menentukan target market anda lebih spesifik sesuai dengan produk yang sedang anda jual didalam akun Instagram tersebut.

Kedua, Bangun Followers Sesuai target

Ingatnya jangan kunci dalam bisnis adalah membangun database jadi anda tidak boleh asal mencari cara untuk membangun followers anda. Biasanya anda sering menjumpai beberapa jasa menambah followers ada yang murah ada yang mahal (katanya sesuai target market anda) bagi saya tidak sepenuhnya yakin benar. Karena mereka menggunakan bantuan tools semacam bot untuk menambahkan followers secara otomatis ada pula yang bisa sesuai dengan yang di targetkan.

Namun Sebaiknya anda melihat akun Instagram competitor anda kemudian follow satu persatu jikapun anda menggunakan bot dianjurkan mengggunakan yang berkualitas dan anda mengerjakannya sendiri. Jika anda mempunyai budget lebih dari cukup anda bisa menggunakan Instagram ads berbayar dengan  desain promo yang menarik

Ketiga, Gunakan Foto Menarik

Aplikasi Instagram media utamanya adalah foto dan video oleh sebeb itu, tentunya anda perlu mempertimbangkan dan berinisiatif untuk menggunakan foto yang menarik bisa diambil dari berbagai sudut yang berbeda. Anda bisa menggunakan kamera DSLR agar lebih optimal namun jika tidak mempunyai DSLR ada bisa menggunakan kamera didigital atau menggunakan smartphone paling tidak memiliki 8 Megapiksel lebih bagus diatasnya.

Jika anda berjualan produk yang tidak terlalu besar anda bisa membuat studi kecil-kecilan dengan memanfaatkan kardus berkas silahkan browsing untuk mencari info tersebut. Jangan lupa setelah anda memfoto produk anda sebelum anda posting ke akun jualan Instagram anda sebaiknya anda mempoles atau mengedit foto tersebut agar terlihat menarik. Dan terakhir jangan lupa tambahkan deskripsi tentang produk anda dan nomor kontak anda yang bisa hubungi.

Keempat, Jadwalkan Postingan dan manfaatkan fitur hastag

Masuk langkah selanjutnya setelah anda memiliki jumlah followers yang cukup serta menyiapkan beberapa foto produk anda. Saatnya anda untuk menjadwalkan postingan anda. Tidak mungkin anda memposting foto produk anda pada tengah malam saat para pengguna Instagram sedang beristirahat.

Postinglah foto produk anda pada jam-jam dimana para pengguna Instagram membuka akun Instagram mereka. Seperti dijam sarapan pagi sebelum berangkat kerja atau sekolah. Jika ibu-ibu posting diantara jam 7 pagi hingga jam 10 pagi dimana mereka sedang leluasa santai serta pada saat jam istirahat makan siang dan sore saat mau pulang kerja terakhir sebelum mereka istirahat tidur sehabis makan malam.

Anda perlu memanfaatkan fitur hastag yang ada Instagram. Tujuan agar foto tersebut muncul dibagian hasil pencarian ketika orang lain menggunakan hastag tersebut. Sehingga kemungkinan foto akan dapat dilihatnya saat mereka menscroll layer smartphone mereka.

Baca Juga sekarang : Memanfaatkan Akun Instagram Untuk Menghasilkan Pundi Rupiah

Kelima, Gunakan Jasa Endrose Dan Gunakan Media Promosi 

 

Pada bagian ini, bisa anda gunakan untuk mendongkrak penjualan produk anda atau meningkatkan jumlah followers akun jualan Instagram anda. Anda bisa mencari jasa endorse untuk mempromosikan produk anda kepada para followers mereka. Perlu anda ingat, sebaiknya anda memilih jasa endorse sesuati dengan umur targert market produk anda.

 

Terakhir, anda bisa menggunakan cara memberikan giveaway tidak perlu produk anda atau memberi barang yang terlihat bagus dan  terjangkau tapi terkesan unik. Dan berikan diskon pada saat sedang melakukan promosi pada akun jualan Instagram anda.

 

 

Facebook Comments

Seorang Nubie sedang mendalami dunia internet marketing ingin bisa berbagi info untuk mereka ingin belajar memasuki dunia internet marketing agar dapat bisa merasakan hasil pendapatan dari dunia internet marketing. mari tumbuh berkembang bersama. selamat belajar .