Apakah Anda Seorang penulis? Atau yang sedang ingin belajar menjadi seorang penulis. Baik jika demikian. Maka artikel ini cocok untuk anda lanjutkan membaca hingga selesai. Perlu anda ketahui, Saat anda memulai menulis baik namun hal yang tidak diinginkan muncul dimana tiba-tiba anda merasa buntu dikarenakan tidak ada ide yang bisa anda tuangkan saat anda dalam pekerjaan menulis andakembali dalam tulisan anda.

Saat ide menulis buntu atau istilah nama lainnya Write’s Block adalah masalah umum yang kerap dihadapi oleh setiap penulis baik yang sudah lama menulis ataupun bagi yang baru saja belajar menulis.

Kenapa kondisi ini bisa terjadi? Kondisi ini terjadi dikarenakan mulai hilangnya fokus dalam menulis entah saat awal menulis ditengah atau dibagian akhir. Yang biasa terjadi dikarenakan fungsi kinerja otak mulai kelelahan, sehingga dapat memperngaruhi pikiran anda saat sedang menulis.

Lalu bagaimana cara mengatasi saat anda dalam keadaan buntu saat menulis atau write’s Block ini?

1. Isitirahatkan Pikiran anda

Langkah pertama yang bisa anda coba ialah dengan mengistirahatkan pikiran anda terlebih dahulu. Ssaat anda sedang menulis seharian duduk berdiam diatas kursi serta jari jemari anda terus berdansa diatas keyboard computer bahkan mata anda tidak sedikit teralihkan selain menatap layar monitor dapat mengakibatkan fisik anda mengalami kelelahan sehingga dapat mempengaruhi ilangnya focus pada pikiran.

Solusinya ialah anda bisa keluar dari ruangan kerja anda walapun hanya sekedar untuk sekedar mengambil coklat hangat sambil keluar melihat keluar sisi jendela ruangan untuk dapat menghirup udara segar. Selain itu, anda bisa keluar rumah sekedar jalan-jalan ke tempat yang tidak terlalu jauh sehingga membantu meringankan pikiran bahkan anda juga akan mendapatkan sebuat ide – ide tambahan saat anda berada diluar rumah.

2. Break Time tulisan anda untuk beberapa saat waktu

Ketika anda sedang mengalami kondisi dimana pikiran anda mulai terasa penat dan merasa buntu dengan ide-ide yang akan anda curahkan kedalam tulisan. maka, setidaknya anda menutup sejenak pekerjaan menulisnya. kemudian anda bisa menggunakan waktu tersebut untuk kegiatan lainnya misalnya dengan bermain game sejenak atau merencanakan pergi liburan dengan keluarga atau pasangan anda.

hal ini anda bisa lakukan bertujuan untuk bisa mengembalikan mod dan me-refresh pikiran anda. Namun ada hal yang perlu anda perhatikan yaitu mengatur jadwal diantara waktu refreshing anda dengan batas waktu agar dapat kembali untuk mengerjakan tugas menulis. Agar tulisan anda dapat selesai sesuai dengan waktu yang tepat

3. Merombak Kerangka tulisan sebelumnya pernah dibuat


Setiap penulis sekalipun seseorang yang sedang belajar menulis. Maka, sebelum menulis sesuatu, dipastikan telah membuat sebuah kerangka tulisan dan berlaku juga bagi anda. Oleh sebab itu, anda bisa mengechek kembali kerangka tulisan ketika anda menulis mengalami keadaan yang buntu.
Dengan cara ini ditujukan supaya anda dapat menemukan beberapa kerangka tulisan yang perlu dirubah dengan sebuah ide yang baru saja anda dapatkan tanpa merubah garis besar dari kerangka tulisan anda. Sehinga anda dapat melanjutkan tulisan hingga selesai.

4. Mencari sumber ide lainnya dengan membaca buku

Tips yang keempat ini, dalam mencari ide segar salah satu caranya dengan cara membaca buku. Dikarena kebiasaan seseorang yang pandai menulis dikarenakan orang tersebut sering membaca buku dengan berbagai sumber bacaan yang dapat membantu menyelesaikan perkerjaan menulisnya.

Dengan demikian, Anda bisa mencoba serta tidak perlu selalu membaca buku yang serius atau sejenis dengan tulisan yang sedang anda kerjakan. Anda bisa memulai dengan membaca sebuah buku yang berbeda atau bacaan yang lebih ringan dimana bisa menjadi sebuah sumber ide bagi tulisan anda dengan informasi yang telah didapat.

5. Mengganti suasana tempat Menulis.


Ketika saat anda merasa buntu saat ingin menyelesaikan pekerjaan menulis. disebabkan rasa jenuh oleh factor keadaan tempat. Maka, anda boleh mencoba mengganti suasana tempat menulis misalnya, anda biasa menulis di ruang kerja maka berpindah tempat seperti lokasi perpusatakaan umum yang lebih nyaman serta menyediakan banyak informasi referensi buku yang bisa menambah ide anda.
Anda juga bisa mencari suasana tempat yang dapat menyegarkan pikiran seperti duduk disebuah taman yang memiliki banyak pepohonan serta tidak bergitu ramai atau anda juga dapat berkunjung ke sebuah coffeshop selain dapat menikmati minuman kesukaan anda. di coffeshop sudah didukung dengan fasilitas koneksi internet dimana dapat membantu pekerjaan menulis anda.

6. Memilih waktu yang terbaik untuk menulis

Memilih waktu yang terbaik merupakan salah satu yang bisa dapat anda lakukan karena pada kenyataannya setiap orang memiliki waktu terbaik untu menulis. Karena waktu terbaik adalah anda bisa memfokuskan diri secara maksimal dalam aktifitas menulis anda. Contohnya ketika waktu sebelum anda beranjak tidur ada juga yang merasa nyaman saat mengerjakan di waktu pagi setelah bangun pagi.

Tidak jarang juga, seseorang yang mampu menulis walaupun di tempat keadaanya cukup ramai sehingga dari sini, anda bisa menilai sendiri diposisi waktu seperti apa yang bisa memaksimalkan perkejaan menulis anda.

7. Mencari Ide topik yang terupdate atau yang sedang hangat dimasyarakat

Bagi seorang penulis saat mengalami buntu dalam menulis maka secara tidak langsung akan memaksa cara berfikirnya untuk menemukan informasi yang lebih banyak sebagai bahan referensi membuat tulisan.

Oleh karena itu, anda dapat mengumpulkan beberapa topik dari berbagai sumber dari media social atau majalah yang sedang hangat di tengah masyarakat kemudian disatukan lalu filter sesuai topik bahasan yang sedang dikerjakan dengan demikian anda tetap dapat melanjutkan untuk menyelesaikan pekerjaan menulis anda.

Facebook Comments

Seorang Nubie sedang mendalami dunia internet marketing ingin bisa berbagi info untuk mereka ingin belajar memasuki dunia internet marketing agar dapat bisa merasakan hasil pendapatan dari dunia internet marketing. mari tumbuh berkembang bersama. selamat belajar .