Home Lounge Dodolan Mengenal Karakter Penimba Ilmu dengan Sifat Gelas bagian Kedua

Mengenal Karakter Penimba Ilmu dengan Sifat Gelas bagian Kedua

308
0

Sebelumnya saya sudah sedikitnya pada artikel bagian kesatu Jika anda belum membaca artikel bagian gelas kesatu alangkah baiknya saya sarankan untuk membaca bagian pertama disini. Karena artikel ini merupakan lanjutan dari bagian pertama.

Berikut ini adalah beberapa sifat karakter penimba ilmu bagian kedua :

Ketiga, Bersifat seperti Gelas Bertutup

Sekilas hampir sama seperti pada point kedua gelas yang penuh. Namun sesungguhnya memiliki artian yang cukup berbeda. Sifat gelas bertutup ini ditujukan kepada mereka yang menolak suatu hal pembelajaran yang baru bahkan bisa dikatakan mereka menutup dirinya dari hal yang baru tersebut.

Baik sudah terisi ataupun belum oleh karena itu sifat gelas tertutup ini serupa dengan gelas penuh namun tidak sama. Biasanya ditemukan kepada mereka yang malas untuk mempelajari hal yang baru atau saat mempelajari hal baru didasari bukan karena atas keinginan mereka sendiri melainkan keterpaksaan sehingga tidak dapat menerima secara lebih optimal

Keempat, Bersifat Gelas Pecah / Gelas yang sudah tidak bisa digunakan

Kedaaan mereka yang memiliki sifat gelas pecah dapat diartikan bahwa mereka sama sekali tidak memiliki sikap dan kesiapan dalam proses meneri pembelajaran suatu ilmu yang baru bagi mereka. Keadaan ini digambarkan kepada mereka yang  tidak memiliki konsentrasi pada saat menerima pembelajaran dengan ciri-ciri pikiran mereka kosong atau hanya jasad saja yang berada ditempat namun pikirannya sedang berada dimana.

Begitu juga bagi anda alangkah baiknya saat anda sedang menerima proses pembelajaran yang baru sebaiknya anda lebih mempersiapkan dan memfokuskan pikiran anda dengan menyampikan masalah-masalah anda sementara agar proses pembelajaran mudah diterima serta di pahami oleh anda. Seperti air saat dituangkan kedalam gelas yang pecah namun air tersebut mengalir kemana-mana.

Kelima, Bersifat Seperti Gelas Erlenmeyer/Gelas Kimia

Gambaran ini diberikan kepada mereka yang memiliki kesulitan dalam proses pembelajaran yang disampaikan oleh mentor kepada diri mereka. Kesulitan yang mereka alami bukan terletak pada emosi atau motivasi melainkan kepada kesulitan yang didasari masalah teknis seperti halnya, mudah lupa, merasa sulit menangkap maksud yang diajarkan oleh mentor.

Sehingga seperti air dimasukan kedalam gelas Erlenmeyer yang memiliki lubang yang jauh lebih kecil walaupun memiliki volume yang sama. Oleh karenanya perlu alat bantu seperti corong agar dapat membantu air lebih banyak dan cepat masuk kedalam gelas. Seperti halnya anda jika saat mengalami kesulitan alangkah lebih baiknya anda meminta bantuan kepada mentor anda dengan menjelaskan kondisi anda sehingga mentor anda dapat memberikan metode pembelajaran sesuai dengan kondisi dan keadaan anda.

Keenam, Bersifat Seperti Gelas Bocor

Keadaan ini diberikan kepada mereka yang memiliki masalah saat menerima proses pembalajran dalam menangkap pemahaman dari suatu materi. Mereka ini adalah yang memiliki sifat pelupa oleh karena itu mereka membutuhkan alat bantu seperti cacatan atau media-media yang dapat membantu mengingat dalam proses pembelajaran.

Saya sarankan kepada anda jika dirasa memiliki problem seperti ini saat proses pembelajaran sebaiknya anda selalu membawa alat bantu untuk mempermudah memahami proses pembelajaran baik berupa buku catatan kecil atau memanfaatkan beberapa aplikasi di smartphone anda yang bisa berfungsi seperti buku catatan kecil sehingga lebih mudah dan praktis.

Ketujuh, Bersifat seperti Gelas Kosong Berpenyaring

Mereka yang memiliki sifat seperti gelas kosong berpenyaring adalah  mereka yang siap menerima ilmu secara utuh dan penuh pada awalnya saat proses pembelajaran yang dilakukan dengan cara sukarela dan terbuka. Namun mereka memiliki cara tersendiri untuk memfilter mana yang benar-benar mereka butuhkan dan yang tidak mereka butuhkan sesuai dengan kebutuhan untuk mengatasi masalah yang sedang mereka hadapi dan menurut pendapat saya ini termasuk pilihan terbaik.

Baca juga : Mengenal Karakter Penimba Ilmu dengan Sifat Gelas bagian Kesatu

Hal ini berlaku bagi anda ketika anda menerima pembelajaran dari mentor anda sebaiknya anda mengikutinya prosesnya secara keseluruhannya kemudian memfilter sesuai dengan kebutuhan yang sedang anda hadapi sehingga anda akan tetap fokus. Seperti halnya saat menuangkan air teh tubruk kedalam gelas menggunakan saringan agar memisahkan air teh dengan ampasnya.

Itulah beberapa karakter sifat penimba ilmu dengan contoh sifat gelas yang sudah saya beri penjelasan dengan sifat air yang diterima oleh masing-masing gelas tersebut semoga dapat membantu anda dalam proses melakukan pembelajaran dengan mentor sehingga anda tidak akan merasa berjalan ditempat serta dapat segera membantu menyelesaikan masalah yang sedang anda hadapi dan dapat meningkatkan

 

Facebook Comments

Seorang Nubie sedang mendalami dunia internet marketing ingin bisa berbagi info untuk mereka ingin belajar memasuki dunia internet marketing agar dapat bisa merasakan hasil pendapatan dari dunia internet marketing. mari tumbuh berkembang bersama. selamat belajar .